Wednesday, February 13, 2013

Amazing Oatmeal Cleanser for Face

Assalamu'alaykum girls :)


Just so you know, I made it! Hehe. Kan di post sebelumnya aku cerita soal Jerawat Menyebalkan. Nah, sekarang aku udah dapetin jalan keluarnya yang lebih murah dan aman untuk ngerawat kulit! Seperti ceritaku sebelumnya, aku desperado ngadepin masalah kulit muka yang gak pernah selesai. Bisa dibilang aku ketergantungan sama dokter kulit. Sebenarnya gak ada istilah ketergantungan, tapi intinya ga bisa tanpa dokter kulit gitu.

Selama lima tahun langganan ke Erh* dengan dokter Marsia, bisa dibilang aku bukan pasien yang baik. Aku gak setiap bulan ke sana. Kadang gak ada waktu, kadang gak ada uang. Mungkin karena itu hasil perawatannya gak maksimal kayak orang-orang.

Cuma kebayang gak sih kalo seumur hidup harus ke sana? Misalnya nih, sekali datang per bulan keluar uang Rp 500 ribu. Terus treatment (Facial dan Peeling) sekitar 3 bulan sekali masing-masing 250 ribu. Andaikan uang bukan masalah buat kamu, gimana dengan kesehatan? Kebayang gak, pas lagi hamil harus stop pake krim dan perawatan dulu trus break out di mana-mana? Pasti perawatannya nunggu ASI selesai. Itupun kalo bener krim-krim yang kemaren gak ngaruh ke janin. Serem gak?

Aku kasihan sama suami dan calon anakku kelak, jadi aku beraniin untuk lepas dari dokter kulit! Gak pelan-pelan, gak pake ganti krim yang lebih ringan dulu dll. Engga, aku ga bisa. Karena udah beberapa tahun mencoba begitu dan selalu gagal. Aku bener-bener mau lepas dan aku nekat!

Biasanya, kalau aku lepas krim dokter sebulan, akan muncul bruntusan di kulitku. Permukaan kulit jadi gak rata, dan kesannya tambah tua. Selain itu kulit rasanya juga gatal. Nah, aku yakin, krim dokter gak sejahat itu. Itu bukan karena gak pake krim lagi, tapi karena kita berhenti total merawat kulit.

Dari yang aku pelajarin, kulit jadi jelek--karena lepas dari dokter kulit itu--biasanya karena terlalu kering, gak dibersihkan dengan benar, dan gak diberi nutrisi. Kesannya aku expert banget ya :p Ini dari pengalaman dan penjelasan dokter dulu, pas aku gak pake krimnya dia, dan balik lagi perawatan. Dia menjamin kalo krim-krimnya dia gak nyebabin ketergantungan.

Nah, berbekal itu aku coba cari-cari solusi lain yang murah dan aman. Mulai dari youtube, sampai blog orang. Engga, aku gak berani ke Femaledaily sebelumnya, karena topiknya terlalu banyak, dan isinya orang-orang bingung semua hahaha. Aku butuh artikel atau video yang ngasi bukti. Kadang di Femaledaily misalnya A ngasi solusi, dia yakin banget dengan solusi itu, eh tapi pas temannya B ngasi solusi lain, A jadi plinplan trus ngerasa solusi punya dia ga tepat. Jadinya percobaan A gak sampai tuntas karena dia nyoba solusinya si B, sehingga hasilnya gak kebukti hahahah. Pusing aku bacanya.

Di Youtube, ada banyak tutorial membuat masker natural buatan sendiri untuk mencerahkan, menghilangkan komedo, menghilangkan jerawat dan lain-lain. Aku sempat coba beberapa kali, tapi aku masih merasa kurang puas. Kayaknya persoalanku sebenarnya bukan kulit gelap.

Suatu hari, aku buka berita-berita di Yahoo tentang tatacara membersihkan kulit yang benar, dan perawatan setelahnya. Nah, dari situ nge-link ke Femaledaily tentang penggunaan Gandum sebagai pembersih muka yang bisa ngurangin inflamasi alias kulit memerah karena terbakar atau sensitif.

Ngeliat foto dari yang nulis artikel, kulit dia yang awalnya merah-merah trus nyuci muka pakai Gandum selama sebulan, merah-merahnya jadi ilang! Dari situ aku sadar, kulitku gak gelap, tapi merah karena sensitif kebanyakan make krim dokter kulit. Gyaa~ :'0 

Lebih jauh lagi kamu bisa liat artikelnya Bubz Beauty tentang cara penggunaan gandum sebagai pembersih muka dan Affy tentang pengalamannya menggunakan Gandum. Kata Affy, setelah pake Gandum, dia gak pernah ngalamin sensasi terbakar setiap pake krim perawatan kulit/make up lagi (statement inilah yang bikin aku yakin mukaku merah dan sensitif bukan gelap, karena aku merasakan hal yang sama).Such an amazing Homemade Skincare Remedies!!! Selain itu aku jadi yakin kalo kulitku itu dehidrasi, berminyak tapi kering, got my point?

Nah, gimana caranya ngeggunain Oatmeal ini?

1. Jika kamu habis bepergian jauh, bersihkan muka dengan milk dan toner. Kalau gak kena debu, sebaiknya gak usah, biar mukanya gak terpapar alkohol dari toner
2. Siapkan segengggam Oatmeal plain instan warna biru atau merah.
3. Genggam dengan kuat, kucurkan air lewat lubang jari-jari, tampung sari airnya yang berwarna putih.
4. Basuh wajah kamu dengan sari airnya tersebut
5. Basahi kembali oatmeal setengah kering yang kamu genggam. Jika kamu ingin scrub yang lebih kasar, jangan basahi terlalu banyak. Jika ingin scrub lembut, basahi hingga benar-benar lembek
6. Lalu gosok di wajah sambil dipijat lembut.

Aku ngegunain pembersih ini tiga kali sehari. Kata dokterku, kalau lagi jerawatan sebaiknya pembersihan dilakukan tiga kali, khususnya tiap habis keluar dari rumah. Nah, setelah dibersihin bagaimana? Kalau menurut orang-orang Korea kan ada 7 step layering krim untuk muka. Nah, aku persingkat jadi 1 layer saja hahaha. Yaitu pelembab. Pelembab itu dibutuhkan supaya kulit gak kering yang bisa memicu rasa terbakar atau efek negatif lainnya. Nah, pilihanku jatuh pada Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion, versi Indonesia.




Aku pilih Hada Labo, gak sengaja. Tapi karena dulu pernah beli, terus merasa gak ada hasilnya, jadi aku berhenti make. Jelas aja gak ada hasilnya, karena aku masih make krim dokter yang dominan bikin merah. Setelah kulitku lebih cerah make Gandum (baru 3 hari make), efek Hada Labo baru terlihat. Bahan Hada Labo yang bikin aku suka:

1. Improved Hyaluronic Acid: melembabkan kulit 2x lebih lembab dari pada Hyaluronic Acid biasa.
2. Hyaluronic Acid: 1 gramnya mampu menahan hingga 6 liter air
3. Nano sized Hyaluronic Acid: cepat meresap dan melembabkan kulit lebih lama
4. Teksturnya ringan, tanpa zat pewangi, zat pewarna, mineral oil, dan ethanol
5. Sesuai dengan PH kulit, tingkat iritasi rendah.

Biasanya tiap habis pakai pelembab dan anti UV dari dokter, kulitku berasa capek, perih, dan merah. Mungkin karena udah 5 tahun pake, kulitku udah mulai lelah dan kebal. Karena kulitku kuning, merah-merah pada kulit bikin kulitku terkesan gelap. Nah setelah pakai Hada Labo, aku beraniin gak pake apa-apa lagi termasuk bedak. Aku sengaja gak pakai anti UV, karena aku selalu bawa payung atau buku.

Nah beberapa jam setelah keluar rumah dengan krim dokter, pulang-pulang biasanya kulitku kusam, jauh lebih gelap dari tangan, dan gak segar. Sekarang udah engga! Hada Labo yang pas dipake langsung meresap (jadi kesannya pakai bedak, bikin kulit keliatan supple dan halus) bikin kulitku ngeluarin minyak alami tapi gak berlebihan. Kesannya kayak masih pakai obat dokter pas aku masih awal-awal make lho! Berkilau, lembab, dan cerah. ULTRA LOVE IT! 

Sekarang tinggal dilihat deh, sebulan kedepan efeknya apa ya? Wish me luck! :* :*

Wassalamu'alaykum

10 comments:

  1. Jadi inget resep cuci muka pake air cucian beras ya za. mungkin sama ya khasiatnya? hihihi.. SK II sampe ngiklan dengan the amazing pitera. Boleh juga nih za, nanti liat hasilnya ya? mau ngikutin coba ah :P

    ReplyDelete
  2. Kayaknya kalo cucian beras buat ngilangin wrinkle sama ngalusin kulit gitu ya mbak. Kalo oatmeal buat ngilangin inflamasi, sama bikin kadar oil di kulit jadi lebih seimbang. Pingin tuh SK II tp harganya jutaan hehehe. Iya mbak nanti aku kasih tau hasilnya :D

    ReplyDelete
  3. gimana sis hasilnya skrg???,
    aku juga lg pake oatmeal biru + Hada Labo goku yang utk oily nih hehehe ..cuci muka pake oatmeal na baru 3 hari .. hadalabo uda pake semingguan ..
    emg dua ini dasyat bikin cerah + jrewi jarang muncul sih sejauh ini .. seneng ~~~

    ReplyDelete
  4. iya Mb, penasaran nih. sekarang hasilnya gimana? secara saia juga berjerewi parah, jdi pengen coba juga.

    ReplyDelete
  5. Happy New Year ~~
    Salam kenal ya ^^
    Ak jg mulai explore tentang penggunaan oatmeal untuk perawatan kulit. Banyak cari info di inet dan bnyk bgt yg bilang khasiatnya sangat tokcer buat kulit kita hehehe

    ReplyDelete
  6. Salam kenal,
    Saya dr malaysia, memang setuju bangat oat cocok utk wajah. Saya selalu menggunakannya..:-)
    Sila lawat blog saya..:-)
    Https://daisyrose88.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. sis dari penglaman bisa ngurangin komeda gak?

    ReplyDelete
  8. Aku juga alami breakout setelah lepas krim dokter, tapi menurutku yg bikin breakout itu adalah karna si krim ini sifatnya menekan jerawat bukan menyembuhkan jerawat. Itulah kenapa saat lepas krim dokter, yg terpendam ini keluarlah semuanya.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete