Sunday, February 10, 2013

Jerawat Menyebalkan :'(

Assalamu'alaykum!

Sedih, bingung, gak percaya diri, dan kesel. Itu perasaanku sekarang :'( Pernahkah kalian stress tapi gak nyadar? Kata suamiku aku sekarang lagi begitu. Karena aku jerawatan. Parah. Sebelumnya gak pernah begini, karena aku rajin ke dokter kulit. Makananku biasa aja, udah jarang makan yang pedas karena makin dewasa makin gak tahan sama yang pedas-pedas. Aku juga jarang makan makanan manis, gak suka malah.

Jadi kronologinya begini:
Di suatu hari yang indah, aku menyadari kalau wajahku makin kusam. Wajar aja, karena selama sembilan bulan jadi reporter, aku harus mobile keliling Jakarta sendirian. Waktu di desk kriminal, aku sering sekali panas-panasan, naik ojek, keujanan, kena debu di terminal Blok M, pulang malam, dan lain-lain. Tapi aku gak pernah jerawatan. Aku udah jarang jerawatan semenjak usiaku 22 tahun. Jadi paling kulit wajahnya makin gelap aja.

Sekitar 6 bulan bekerja, aku berhenti ke dokter kulitku karena gak sempat. Setelah sempat, rasanya perawatan yang aku sedang jalanin sia-sia karena aku tetap panas-panasan. Jadi kulit wajahku tetap kusam. Tiga bulan kemudian akhirnya aku resign dan mulai rajin ke dokter muka.

Nah, sewaktu aku datang ke sana, kulitku gelaap banget. Aku insist minta ke bu dokter krim-krim yang bisa mengembalikan warna kulitku ke warna semula, alias yang mencerahkan (kulitku gak putih). Waktu itu aku mikir, lebih milih jerawatan tapi kulitnya terang daripada mulus tapi gelap. Nah, mulailah aku diberi krim-krim baru.

Sepulang dari sana dan mulai make krim-krimnya, aku merasa bintik-bintik kecil/ komedo hitam mulai bermunculan. Aneh, padahal dokter itu recomended banget jadi ga mungkin ada kesalahan. Lagipula aku udah bertahun-tahun perawatan di sana, kulitku selalu halus dan mulus. Mungkin itu efek awal obat yang bisa mencerahkan kulit, pikirku. Setelah dua kali bulak balik ke sana, aku dirujuk untuk treatment peeling lalu baru facial, setelah itu katanya selesai.

Seminggu sebelum peeling, tiba-tiba muncul jerawat satu dekat hidung yang langsung membesar dalam semalam. Warnanya putih gitu. Gede deh pokoknya. Bingung, padahal syarat peeling gak boleh ada jerawat. Untungnya dokter peelingnya ngebolehin, sekalian ngasi treatment suntik jerawat.

Nah, sebulan setelah peeling, aku masih malas ke dokter lagi karena ada deadline terjemahan, dan pekerjaan baru lainnya. Otomatis, aku cuma make obat yang masih sisa. Tanpa aku sadari, komedo-komedo hitam itu berubah jadi jerawat kecil yang muncul di bawah kulit. Jadi penampakannya baru terasa kalau kulitku dielus. Jumlahnya banyak, bahkan bisa berderet gitu.

Selain jerawat yang gak terlalu terlihat, juga ada dua jerawat besar di area bawah hidung. Pokoknya, karena ada si komedo itu mukaku jadi rentan berjerawat. Jadi sekarang yang tadinya mukaku mulus, jadi ada jerawat-jerawat kecil yang menyebar, plus jerawat-jerawat besar.

GYAAAAAA~ rasanya tuh pingin teriak. Kesel :'( Kalo memang karena stres, masak sih aku ampe gak nyadar stres karena apa. Aku bahkan gak tau lagi stres atau gak. Justru harusnya lagi seneng karena bisa diem di rumah ngurus suami. Biasanya aku suka luluran ke Inan atau creambath supaya rileks. Cuma kan mahal. What should I do?


7 comments:

  1. Hai mbaaaa, aku mau kasih saran, setauku dokter kulit juga ada macem2 alirannya dalam menghadapi jerawat, ada yang dipendem asal ga keliatan, ada yang dikeluarin. Coba tanyain dulu ke dokternya, kandungan krimnya apa ada tetrinoid-nya, kalo ada berarti mungkin yang sekarang masih efek purging kulit mba, tapi kalo bukan, aku sangat recommend untuk berhenti,

    Rata2 kulit acne prone sensitif sama pencerah, pokoknya jerawat tuh ga akan bisa akur dah sama pencerah. terus IMHO, mending kulit ga putiih tapi mulus dan bersih dari pada putih kinclong jerawatan kan mba :D jadi kalo masih kusam mungkin perlu perawatan buat itunya. coba cek di femaledaily ada rekomendasi dokter2 kulit oke, atau mungkin juga alternatif produk biar ga ketergantungan sama dokter kulit. semoga membantu :)

    ReplyDelete
  2. hai mba Izzah, aku baru tau lho kalo acne prone itu gak cocok sama pencerah. Aku udah 5 tahun mungkin ke dokter kulit, dan rasanya tuh gak pernah sreg. Ada aja yang kurang, misalnya kalo lagi ga jerawatan itu kulitnya gak kinclong (merah-gosong), atau kalo lagi cerah, kulitnya jadi berjerawat, atau yang paling parah urat-uratnya kelihatan. Gak pernah berasa 'normal' kayak orang yang gak pernah ke dokter kulit.

    aku rada capek sama muka oily-ku, dan jadi gak pede. Karena selain oily juga merah. Aku rasa udah waktunya aku lepas dari dokter kulit. Soalnya selama 5 tahun lebih itu aku udah 2 kali ganti. Uang yang keluar banyak banget ><

    Aku kemaren liat di yahoo, ada link ke femaledaily tentang kulit berjerawat terus nemu artikel tentang oatmeal. Booming banget dan semua komennya bilang suka. Mudah-mudahan berhasil make itu. Makasi ya komennya =D

    ReplyDelete
  3. Happy to hear that, kalo tertarik bisa juga cek thread History of Whoo mba, disana reviewnya super banyak dan bagus2 lho :)
    this is my little brief of Whoo http://syamsazahra.blogspot.com/2013/02/a-quick-brief-of-history-of-whoo.html

    Nah aku ada online shop juga yang jual produknya, kalo mau cek2 aja kalo tertarik *jadinya promosi :D

    ReplyDelete
  4. Mauuukk. Mba Izzah jual yang sachet ya? berapaan?

    ReplyDelete
  5. jerawat itu ngeselin, apalagi jerawat batu tapi tenang ada cara untuk menghilangkannya

    ReplyDelete
  6. Kadang mau putus asa aja klo mikirin jerawat, sedih padahal dulu muka aku ga kaya gini huhu

    ReplyDelete