Sunday, October 21, 2012

Penyakit Hati? Hilangkan yuks :)

Assalamu'alaykum.

Apa kabar ukhti? Weekend gini pasti banyak yang dikerjakan ya. Mulai dari acara keluarga, kongkow sama teman, atau 'me-time' kamu di salon atau spa. Kali ini Zaza ingin bahas soal penyakit hati berdasarkan pendapat dan referensi pribadi. Penyakit hati itu apa sih?

Penyakit hati, menurut Guru Besar Pencipta Kamus Besar Bahasanya Ukhti Elliza, adalah perasaan-perasaan yang bisa merusak jiwa. Misalnya, iri, dengki, penuh dendam, tidak berpuas diri, galau, dan sebagainya. Perasaan itu bisa muncul kapan aja dengan penyebab yang terkadang sepele. Misalnya gak sengaja habis stalker Twitter cewek yang kamu sebelin. Atau misalnya ketika kita gak sepaham dengan orang tua lalu timbul perasaan dianaktirikan.

Sebenarnya apa ruginya gak mau menghilangkan penyakit hati? banyak. Misalnya kita jadi mudah stress, cepat pusing karena banyak pikiran, cepat marah karena hal konyol. Lebih jeleknya lagi kalau perasaan gak nyaman itu menular ke orang yang ga ada sangkut pautnya. Misalnya lagi marah sama temen, eeh karena suami melakukan kesalahan kecil lantas kita jadi menyalurkan rasa marah kita ke dia secara berlebihan.

Lalu bagaimana cara menghilangkannya? Setelah saya curhat ke guru besar alias murobiah saya, Mbak Eshu, kata dia caranya mudah. Tinggal dicuekin atau terus ingat ke tujuan paling utama hidup kita: Allah. Misalnya, jika kita iri ada orang yang lebih cantik tinggal inget, "apakah dengan menjadi orang cantik lantas bisa dijamin masuk surga?" Lalu kalau lagi sebal sama orang tua, tinggal inget, "jangan-jangan dengan marah-marah dan berprasangka buruk kita jadi anak durhaka." Naudzubillah minzalik.

Begitupula cara mencegah penyakit hati, ternyata mudah ukhti. Tinggal bersyukur saja, ucap Alhamdulilah sebanyak-banyaknya. As easy as snapping your fingers :D

Jadi, sekian tips dari Elliza yah. Semoga berguna.

Cheers,
Wa'alaykumsalam.


No comments:

Post a Comment